Teknik Dasar Renang Gaya Bebas Beserta Gambarnya

Teknik Dasar Renang Gaya Bebas Beserta Gambarnya




Teknik Dasar Renang Gaya Bebas – Berenang merupakan aktivitas menggerakan badan ketika berada di dalam air. Umumnya kegiatan berenang di lakukan tanpa menggunakan peralatan atau perlengkapan tambahan. Berenang juga bisa di manfaatkan sebagai salah satu cabang olahraga yang menyehatkan tubuh dan sebagai sarana rekreasi untuk dapat menyegarkan kembali fikiran.


Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang paling mudah untuk di lakukan dan dapat menghilangkan penat dan stress. Oleh karena itu, dengan sekian banyaknya gaya berenang yang ada, teknik berenang dengan gaya bebas adalah salah satu hal dasar yang wajib di kuasai. 

http://one-sport-station.blogspot.com/2015/04/teknik-dasar-renang-gaya-bebas.html


Gaya tersebut sebenarnya sangat mudah untuk di terapkan, akan tetapi tidak sedikit dari sebagian orang yang mengungkapkan bahwa gaya bebas adalah teknik berenang yang cukup sulit untuk di terapkan apabila di bandingkan dengan gaya berenang yang lainnya. Jika di bandingkn dengan teknik gaya berenang yang lainnya, gaya bebas adalah gaya berenang yang dapat membuat posisi tubuh melaju lebih cepat menuju ke dalam air.


Gaya bebas juga merupakan gaya yang tidak terikat dengan teknik – teknik dasar tertentu. Gaya bebas bisa di lakukan dengan menggunakan berbagai macam gerakan dalam berenang yang dapat membuat seorang perenang, oleh karena itulah gaya bebas bisa membuat perenang melaju lebih cepat ke dalam air.


Hal tersebutlah yang mengakibatkan gaya bebas bisa di terapkan oleh beberapa perenang, baik yang masih menjadi pemula ataupun yang sudah terlatih. Teknik dasar berenang dengan menggunakan gaya bebas sebenarnya tidaklah terlalu sulit untuk dapat di pelajari, namun membutuhkan keharmonisan antara gerakan tangan dan kaki secara bergantian.


Disini, kami telah memberikan ringkasan informasinya kepada anda mengenai Teknik Dasar Renang Gaya Bebas. Berikut ulasannya :


  1. Gerakan kaki secara bergantian dan kedua kaki tetap berada dalam posisi sejajar yang hampir berada pada permukaan air. Setelah itu, gerakan kaki seperti sedang berjalan normal, yaitu dengan menggunakan teknik di gerakan secara bergantian menuju ke atas dan ke bawah di dalam air. Upayakan untuk terus memposisikan bagian paha dan kaki dalam keadaan lurus, dan jangan sekali – kali menekuk bagian lutut. Hal tersebut adalah tahap awal yang di gunakan dalam teknik dasar berenang dengan menggunakan gaya bebas.  
  2. Posisikan kedua tangan lurus tepat berada di atas bagian kepala. Upayakan untuk tidak terlalu merapatkan bagian telapak tangan namun telapak tangan tetap dalam posisi berdekatan antara satu dengan yang lainnya. Sesudah itu tariklah yangan kiri ke dalam air sampai posisinya sejajat dengan badan. Secara perlahan, tangan tersebut akan membuat teknik gerakan lingkaran mulai dari permukaan air sampai ke dalam air, ke belakang dan akhirnya menuju keluar dari permukaan air. Gerakan tangan kanan serupa dengan gerakan yang anda lakukan pada tangan kiri saat tangan diangkat dari permukaan air. 
Berikut ini beberapa gambar teknik dasar renang gaya bebas. 

http://one-sport-station.blogspot.com/2015/04/teknik-dasar-renang-gaya-bebas.html

http://one-sport-station.blogspot.com/2015/04/teknik-dasar-renang-gaya-bebas.html

http://one-sport-station.blogspot.com/2015/04/teknik-dasar-renang-gaya-bebas.html

http://one-sport-station.blogspot.com/2015/04/teknik-dasar-renang-gaya-bebas.html

Terapkan langkah – langkah tersebut secara berurutan dan bergantian. kedua teknik dasar dari berenang dengan menggunakan gaya bebas tersebut sangat mudah untuk di lakukan bukan ? Teknik dasar berenang dengan menggunakan gaya bebas di atas adalah suatu gerakan dasar yang wajib untuk terus di ingat. Teknik tersebut bisa menjadi sebuah teknik dasar untuk anda agar bisa menyeimbangkan posisi badan dan lebih memudahkan anda dalam melakukan pengaturan nafas ketika berenang. Upayakan untuk selalu melakukan pemanasan sebelum melakukan berbagai macam teknik dan gaya berenang yang ada guna menghindari adanya kram yang datang secara tiba – tiba.




Itulah ringkasan informasi yang semoga bisa bermanfaat bagi anda khususnya yang menyukai dan menggemari aktivitas berenang dengan Teknik Dasar Renang Gaya Bebas. Semoga bermanfaat, baca juga “belajar teknik dasar renang gaya dada” dan “teknik dasar renang gaya kupu-kupu”.





0 Response to " Teknik Dasar Renang Gaya Bebas Beserta Gambarnya "

Post a Comment